Headlines News :
Home » , » UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BAGI PAUD

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BAGI PAUD

Written By Unknown on Jumat, 20 September 2013 | 20.09

A.      Pengertian Motivasi

Kualitas memberi Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan  seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik).
Beberapa kuat motivasi yang dimiliki individu akan banyak menentukan terhadap kualitas perilaku yang ditampilkannya, baik dalam konteks belajar, bekerja maupun dalam dalam kehidupan lainnya.
 
B.       Fungsi dan Pengaruh Motivasi
Motivasi mempunyai fungsi yang penting dalam belajar, karena motivasi akan menentukan intensitas usaha belajar yang dilakukan siswa dalam masa proses evolusi pada tingkat pengembangan kemampuan berpikir atau pengembangan intelek.  Motivasi juga diartikan pila bahwa para siswa yang memiliki motivasi tinggi, belajarnya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang motivasi belajarnya rendah.
Secara filosofi ada tiga fungsi motivasi, yaitu :
  1. Mendorong manusia untuk berbuat. Motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan ;
  2. Menuntun arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai, dengan demikian motivasi dapat memberi arah, dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya ;
  3. Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.
C.      Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Dalam rangka mengupayakan agar motivasi belajar siswa tinggi pada seusia dini, hendaknya seorang Guru dan pemerintah selalu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Seorang guru/ pemerintah  hendaknya mampu mengoptimalisasikan penerapan prinsip belajar, pada prinsipnya harus memandang bahwa dengan kehadiran siswa di kelas merupakan suatu motivasi belajar yang datang dari siswa.
  2. Guru/pemerintah hendaknya mampu mengoptimalisasikan unsur-unsur dinamis dalam pembelajaran, karena dalam proses belajar, seorang siswa terkadang dapat terhambat oleh adanya berbagai permasalahan. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kelelahan jasmani ataupun mental siswa.  Untuk itu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara :
    1. memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan hambatan belajar yang di alaminya ;
    2. pemerintah dan Guru hendaknya membuka peluang pengembangan SDM semasa usia dini dengan membantu pengadaan buku-buku paket di setiap sekolah, perpustakaan dan meberikan peluang kepada semasa usia dini dalam pengembangannya dengan cara mengadakan olimpiade lokal daerahnya.
    3. meminta kesempatan kepada orang tua siswa agar memberikan kesempatan kepada siswa untuk beraktualisasi diri dalam belajar ;
    4. memanfaatkan unsur-unsur lingkungan yang mendorong belajar ;
    5. menggunakan waktu secara tertib, penguat dan suasana gembira terpusat pada perilaku belajar ;
    6. merangsang siswa dengan penguat memberi rasa percaya diri bahwa ia dapat mengatasi segala hambatan dan pasti berhasil.
    7. Guru mengoptimalisasikan pemanfataan pengalaman dan kemampuan siswa. Perilaku belajar yang ditunjukkan siswa merupakan suatu rangkaian perilaku yang ditunjukkan pada kesehariannya. Untuk itu, maka pengalaman yang diberikan oleh guru terhadap siswa dalam meningkatkan motivasi belajar menurut Dimyati dan Mudjiono (1994) adalah dengan cara :
*       siswa ditugasi membaca bahan belajar sebelumnya, tiap membaca hal-hal penting dari bahan tersebut dicatat.
*       guru memecahkan hal yang sukar bagi siswa dengan cara memecahkannya.
*       guru mengajarkan cara memecahkan dan mendidik keberanian kepada siswa dalam mengatasi kesukaran.
*       guru mengajak serta siswa mengalami dan mengatasi kesukaran.
*       guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mampu memecahkan masalah dan mungkin akan membantu rekannya yang mengalami kesulitan.
*       guru memberi penguatan kepada siswa yang berhasil mengatasi kesulitan belajarnya sendiri.
*       guru menghargai pengalaman dan kemampuan siswa agar belajar secara mandiri.
Share this article :

1 komentar:

  1. The Casino Site - A Journey To Be The Best Online Casino In
    The Casino Website is the latest in the booming industry for online casinos 랭크 카지노 and slots enthusiasts and allows them to be the next best and most innovative in gaming.

    BalasHapus

Random Posts

 
Support : Suara Nogei | Nogei Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SUARA NOGEI - All Rights Reserved
Template Design by Suara Nogei Published by Media Berita